• 0215375647
  • 081311646660
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

PROGRAM TAHFIDZ

SMP Islam Al azhar BSD sebagai lembaga pendidikan Islam, berupaya merancang program tahfidz agar bisa dijalankan dengan maksimal dan tanpa membebani siswa siswi dalam menjalankan proses pembelajarannya.  Program tahfidz Al-Qur’an yang dijalankan di SMP Islam Al Azhar BSD adalah program tahfid juz amma (juz 30) mulai kelas VII – IX. Program Tahfidz ini merupakan salah satu program yang mendukung pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti.

Dengan desain pembelajaran yang kreatif, inovatif, komunikatif sehingga diharapkan para peserta didik memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an sesuai dengan standarnya serta mutqin hafal juz amma (Juz 30). kemudian siswa yang sudah menyelesaikan hafalan Juz 30 akan melanjutkan hafalan ke juz 29 dan seterusnya. Dan siswa yang sudah hafal juz 30 dari sekolah sebelumnya(SD) maka siswa tersebut akan langsung mengikuti ujian tahfidz juz 30 dan jika lulus siswa tersebut melanjutkan ke Juz 29.

A. Tujuan :

  1. Menjadikan program tahfidz Al-Qur’an sebagai wadah untuk menumbuhkan generasi penghafal Al-Qur’an.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menjadikan Al Qur’an sebagai ruh sinergitas dengan keilmuan lainnya.
  3. Mendorong lahirnya generasi qur’ani yang memiliki aqidah yang benar, berkarakter; Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong dan Integritas.
  4. Menjadikan generasi yang bisa memimpin umat islam di masa yang akan datang
  5. Menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri siswa untuk mampu memimpin ibadah Sholat

B. Strategi

    Strategi pembelajaran tahfidz juz 30 menggunakan 2 strategi

    1. Pembiasaan

        Pembiasaan hafalan dilakukan untuk menghafal 24 surat-surat pendek yaitu dari QS An Nas sampai QS As Syams yang dilakukan :

  1. Pada masa PJJ/PTMT

          Setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis setelah ikrar pukul 07.30 - 07.45  dipandu oleh wali kelas masing-masing

           1. Saat Pembelajaran Normal

  •   Dilakukan setelah ikrar pagi hari selasa – Kamis
  • Setelah Sholat Dhuha di hari Jum’at
  • Sebelum dan setelah Sholat Dzuhur
  1. Pembelajaran

       Dilakukan didalam kelas dua jam perminggu dengan materi pembelajaran Tahfidz 13 surat-surat panjang yaitu :

  • Kelas VII semester 1 dan 2 :  QS An Naba - QS At Takwir
  • Kelas VIII semester 1 dan 2 : QS Al Infithor – QS Al Buruj
  • Kelas IX semester 1 dan 2 :  QS At Thoriq – QS Al Balad

C. Target Hafalan Al Qur’an 

  1. Kelas VII semester 1 dan 2 : 
  2. Permbiasaan : QS An Nas - QS As Syams
  3. Pembelajaran : QS An Naba - QS At Takwir
  4. Kelas VIII semester 1 dan 2 :
  5. Pembiasaan : QS An Nas - QS As Syams
  6. Pembelajaran : QS Al Infithor – QS Al Buruj
  7. Kelas IX semester 1 dan 2 : 
  8. Pembiasaan : QS An Nas - QS As Syams
  9. Pembelajaran : QS At Thoriq – QS Al Balad
  10. Siswa Imtiyaz

     Adalah siswa yang sudah hafal juz 30 saat masuk di kelas 7, siswa tersebut melanjutkan tahfidz ke juz 29 setelah mengikuti tes hafalan juz 30

D. Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an Juz 30 di SMP Islam Al Azhar BSD  ini disesuaikan dengan strategi pembelajarannya, yaitu :

  1. Pembiasaan

Dalam strategi tahfidz Pembiasaan menggunakan metode Takriri yaitu Metode mengulang-ulang hafalan dan memperdengarkan hafalannya kepada guru atau teman sebaya. Metode ini dilakukan agar hafalan yang sudah ada terjaga dengan baik. Selain kepada guru metode ini dapat dilakukan oleh siswa kapan saja untuk memperlancar bacaan dan menjaga agar tidak lupa.

  1. Pembelajaran

Dalam strategi Tahfidz Pembelajaran menggunakan Klasikal Method yaitu sebuah metode pembelajaran tahfidz dengan membaca talaqqi (mendengar dari guru) diintegrasikan dengan metode menirukan bacaan guru selanjutnya menghapalkan. Kemudian Individual  Siswa menghafal sendiri-sendiri, sesuai kemampuannya masing-masing, kemudian setoran.

E. Pengujian

Pengujian tahfidz dilaksanakan dengan pendekatan berikut yaitu :

  1. Tasmi

Pengujian tasmi dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran tahfidz, setelah siswa menyelesaikan setoran hafalan surat yang harus dihafalnya, jadwal Tasmi’ ditentukan oleh guru yang mengajar tahfidz di kelas.

  1. Imtihan Tahfidz

Imtihan tahfidz dilaksanakan untuk siswa yang sudah menyelesaikan setoran seluruh surat di juz 30 baik itu siswa kelas 7, 8 atau kelas 9. kegiatan imtihan tahfidz ini dijadwalkan 2 minggu sekali atau sesuai dengan kesiapan siswa tersebut.

  1. Ujian Akhir Tahfidz (UAT)

Ujian akhir tahfidz dilaksanakan untuk siswa kelas 9, dilaksanakan sekitar bulan februari sebelum ujian praktik. Materi dalam ujian akhir tahfidz adalah juz 30 dan juz 29 bagi siswa yang sudah mengikuti imtihan tahfidz.

 F. Kegiatan Idhofiyah (Pendukung)

  1. MHQ(Musabaqah Hifdzil Qur’an) dilaksanakan 1 tahun 2 kali saat kegiatan Class Meeting dalam rangka memotivasi siswa untuk melancarkan hafalannya selain juga sebagai bentuk syiar qur`ani)
  2. KTS (Klub Tahfidz Siswa) adalah perkumpulan siswa-siswi terpilih yang ingin mengembangkan kemapuan menghafal Qur’an
  3. Tahfidz Camp dilakukan satu kali dalam setahun, untuk siswa kelas IX sebagai upaya untuk meningkatkan dan menguji kemampuan siswa dalam penguasaan hafalan Juz 30.

 


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Universal 2021

Assalamu’alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh

Globalisasi telah berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan teknologi dalam kehidupan merupakan bagian dari digitalisasi yang mana akan mengoptimalkan produktivitas manusia, termasuk saat manusia dihapdapkan pada kondisi yang tak terduga yaitu pandemic covid-19. Kondisi pandemi mendorong pemanfaatan teknologi di bidang ilmu pengetahuan, yaitu pendidikan. Dengan bantuan Allah SWT, teknologi dapat membantu kegiatan belajar dilakukan secara online dan tidak lagi bertatap muka.

Adaptasi merupakan suatu upaya yang dilakukan agar dapat bertahan dan berprogres di era pandemi. Sebab, apabila bertahan dengan system sebelumnya, maka aktivitas sehari-hari belum dapat dilaksanakan secara optimal. Digitalisasi dapat membantu masyarakat untuk tetap bertahan dan berprogres secara optimal dan produktif di era pandemi. Adaptasi dengan digitalisasi merupakan salah satu alternatif baru untuk tetap bertahan dalam mengoptimalkan potensi peserta didik.

  

Kompetisi Universal 2020 yang diselenggarakan SMP Islam Al-Azhar BSD menyungsung tema “Adapting to The New Era”. Beragam  kompetisi tingkat nasional diselenggarakan untuk mengasah kemampuan peserta didik (generasi muda). Kegiatan Universal 2021 dibuka pada tanggal 22 Februari 2021 dengan mengundang Drs. H. Dedi Hidayat (Kepala SMPI Al-Azhar BSD), H. Andika Hazrumy, S.Sos, M.A.P (Wakil Gubernur Banten), Nadiem Makarim, B.A, M.B.A (Menteri Pendidikan & Kebudayaan), &Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Beberapa tamu undangan diwakilkan.

Kompetisi yang diselenggarakan Universal 2021 untuk tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTs. Mulai dari MHQ untuk tingkat SD, Kompetisi Sains Online (KSN) mapel Matematika dan IPA untuk tingkat SD/MI dan tambahan mapel IPS untuk SMP/MTs, Story Telling untuk SD/MI dan SMP/MTs, Solo vocal untuk SMP/MTs, dan E-sport (Mobile Legend) untuk SMP/MTs. Kompetisi dilakukan secara online dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta didik se-Tingkat Nasional! Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, kegiatan kompetisi online ini berlangsung dengan baik.

Kegiatan Universal 2021 ditutup pada tanggal 27 Februari 2021. Pengumuman pemenang di setiap lomba dibacakan oleh MC yaitu Peppy dan Bemby. Sebagai hiburan, penutupan Universal 2021 menampilkan performance para penyanyi hits Indonesia seperti Ardhito Pramono dan Hedi Yunus. Selain itu, ada games kahoot juga yang membuat penonton dan participant menjadi tidak jenuh. Selamat bagi para pemenang! See you next year!


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Memasuki new normal era, SMP Islam Al-Azhar BSD  menjalani aktivitas sehari-harinya seperti biasa. Namun, demi menjaga keselamatan dan kesehatan para siswa, sejumlah sekolah menerapkan sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Sistem ini juga dikenal dengan sistem pembelajaran daring.

Istilah pembelajaran daring dan luring muncul sebagai salah satu bentuk pola pembelajaran di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet. Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online. Sistem pembelajaran melalui daring ini dibantu dengan beberapa aplikasi, seperti Google Classroom, Google Meet, Gescchool dan Zoom.

Sebuah kondisi dikatakan daring apabila memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Di bawah pengendalian langsung dari alat yang lainnya.
  2. Di bawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
  3. Tersedia untuk penggunaan segera atau real time.
  4. Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya,
  5. Bersifat fungsional dan siap melayani

Selama pelaksanaan model daring, peserta didik memiliki keleluasaan waktu untuk belajar.  Peserta didik dapat belajar kapan pun dan di mana pun, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Peserta didik juga dapat berinteraksi dengan guru pada waktu yang bersamaan, seperti menggunakan video call atau live chat. Pembelajaran daring dapat disediakan secara elektronik menggunakan forum atau message.

Belajar secara daring tentu memiliki tantangannya sendiri. Siswa tidak hanya membutuhkan suasana di rumah yang mendukung untuk belajar, tetapi juga koneksi internet yang memadai. Namun, proses pembelajaran yang efektif juga tak kalah penting.

Istilah luring adalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”. Dengan demikian, pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet. Sistem pembelajaran luring (luar jaringan) artinya pembelajaran dengan memakai media, seperti televisi dan radio. Jika peserta didik menulis artikel atau mengerjakan tugas di Microsoft Word dan tidak menyambungkannya dengan jaringan internet, maka itu adalah contoh aktivitas luring dan Jika siswa melakukan offline conference dengan bertemu secara langsung tanpa menggunakan internet, hal itu adalah contoh aktivitas luring.

Sistem Daring dan Luring ini  menuntut guru untuk kreatif dalam mendidik peserta didik. Semoga para guru tetap semangat dalam menciptakan sistem pembelajaran daring dan luring yang kreatif dan inovatif.  


User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

— 𝗦𝗠𝗣 𝗜𝗦𝗟𝗔𝗠 𝗔𝗟 𝗔𝗭𝗛𝗔𝗥 𝗕𝗦𝗗 𝗣𝗥𝗢𝗨𝗗𝗟𝗬 𝗣𝗥𝗘𝗦𝗘𝗡𝗧S—

𝗨𝗡𝗜𝗩𝗘𝗥𝗦𝗔𝗟 𝟮𝟬𝟮𝟭

💡 𝘿𝙄𝙂𝙄𝙏𝘼𝙇 𝙂𝙀𝙉𝙀𝙍𝘼𝙏𝙄𝙊𝙉💡 “𝘼𝙙𝙖𝙥𝙩𝙞𝙣𝙜 𝙩𝙤 𝙩𝙝𝙚 𝙣𝙚𝙬 𝙚𝙧𝙖”

• Registration : 11 - 17 January 2021
• Technical Meeting : 17 January 2021
• Opening Ceremony: 22 February 2021

📚OSN
SD/MI ➪ MTK & IPA
SMP/MTs ➪ MTK, IPA & IPS
👩🏻Ivana Azalia Jasmine
No telp : 08118770203
ID LINE : ivanaazlia

📖 MHQ
➪ SD/MI
👩🏻Ilayka Asykuu Alizza
No Telp : 08117197292
ID Line : ilaykaasykyu

🎮 E- Sport
➪ SMP/MTs
🧑🏻Adam Reansyah Raymond Hars
No Telp : 081291817557
ID Line : adamhars

🎙Solo Vocal
➪ SMP/MTs
👩🏻Elnora Syakirah
No telp : 081384528460
ID LINE : elnoraasyakirah

🎭 Story Telling
➪ SD/MI
➪ SMP/MTs
👩🏻Adinda Zahra Djohari
No telp : 081617767119
ID LINE : zahraad76

CONTACT PERSON(s)
Pak Rizky : 081210466555
Bu Ika : 082112826869
Bu Suci : 081210043345
Bu Aisyah : 085212959989
Zindi : 08561643193
Shaabira : 081382246085
Naufal : 081413238740
TU SMPI AL - AZHAR BSD :
(021) 5375647


© 2022 SMP Islam Al Azhar BSD