Pada hari Senin 2 Oktober SMP Islam Al-Azhar BSD mengadakan kegiatan Batik Day dimana seluruh Siswa dan Dewan Guru mengenakan pakain Batik yang merupakan Ciri Khan Negara Indonesia. dalam pelaksanaan nya terdapat pula Lomba Fashion Show dan Talk Show seputar Batik Nasional . Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan sukses
PROGRAM TAHFIDZ
SMP Islam Al azhar BSD sebagai lembaga pendidikan Islam, berupaya merancang program tahfidz agar bisa dijalankan dengan maksimal dan tanpa membebani siswa siswi dalam menjalankan proses pembelajarannya. Program tahfidz Al-Qur’an yang dijalankan di SMP Islam Al Azhar BSD adalah program tahfid juz amma (juz 30) mulai kelas VII – IX. Program Tahfidz ini merupakan salah satu program yang mendukung pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti.
Dengan desain pembelajaran yang kreatif, inovatif, komunikatif sehingga diharapkan para peserta didik memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an sesuai dengan standarnya serta mutqin hafal juz amma (Juz 30). kemudian siswa yang sudah menyelesaikan hafalan Juz 30 akan melanjutkan hafalan ke juz 29 dan seterusnya. Dan siswa yang sudah hafal juz 30 dari sekolah sebelumnya(SD) maka siswa tersebut akan langsung mengikuti ujian tahfidz juz 30 dan jika lulus siswa tersebut melanjutkan ke Juz 29.
A. Tujuan :
B. Strategi
Strategi pembelajaran tahfidz juz 30 menggunakan 2 strategi
1. Pembiasaan
Pembiasaan hafalan dilakukan untuk menghafal 24 surat-surat pendek yaitu dari QS An Nas sampai QS As Syams yang dilakukan :
Setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis setelah ikrar pukul 07.30 - 07.45 dipandu oleh wali kelas masing-masing
1. Saat Pembelajaran Normal
Dilakukan didalam kelas dua jam perminggu dengan materi pembelajaran Tahfidz 13 surat-surat panjang yaitu :
C. Target Hafalan Al Qur’an
Adalah siswa yang sudah hafal juz 30 saat masuk di kelas 7, siswa tersebut melanjutkan tahfidz ke juz 29 setelah mengikuti tes hafalan juz 30
D. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an Juz 30 di SMP Islam Al Azhar BSD ini disesuaikan dengan strategi pembelajarannya, yaitu :
Dalam strategi tahfidz Pembiasaan menggunakan metode Takriri yaitu Metode mengulang-ulang hafalan dan memperdengarkan hafalannya kepada guru atau teman sebaya. Metode ini dilakukan agar hafalan yang sudah ada terjaga dengan baik. Selain kepada guru metode ini dapat dilakukan oleh siswa kapan saja untuk memperlancar bacaan dan menjaga agar tidak lupa.
Dalam strategi Tahfidz Pembelajaran menggunakan Klasikal Method yaitu sebuah metode pembelajaran tahfidz dengan membaca talaqqi (mendengar dari guru) diintegrasikan dengan metode menirukan bacaan guru selanjutnya menghapalkan. Kemudian Individual Siswa menghafal sendiri-sendiri, sesuai kemampuannya masing-masing, kemudian setoran.
E. Pengujian
Pengujian tahfidz dilaksanakan dengan pendekatan berikut yaitu :
Pengujian tasmi dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran tahfidz, setelah siswa menyelesaikan setoran hafalan surat yang harus dihafalnya, jadwal Tasmi’ ditentukan oleh guru yang mengajar tahfidz di kelas.
Imtihan tahfidz dilaksanakan untuk siswa yang sudah menyelesaikan setoran seluruh surat di juz 30 baik itu siswa kelas 7, 8 atau kelas 9. kegiatan imtihan tahfidz ini dijadwalkan 2 minggu sekali atau sesuai dengan kesiapan siswa tersebut.
Ujian akhir tahfidz dilaksanakan untuk siswa kelas 9, dilaksanakan sekitar bulan februari sebelum ujian praktik. Materi dalam ujian akhir tahfidz adalah juz 30 dan juz 29 bagi siswa yang sudah mengikuti imtihan tahfidz.
F. Kegiatan Idhofiyah (Pendukung)
Universal 2021
Assalamu’alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh
Globalisasi telah berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan teknologi dalam kehidupan merupakan bagian dari digitalisasi yang mana akan mengoptimalkan produktivitas manusia, termasuk saat manusia dihapdapkan pada kondisi yang tak terduga yaitu pandemic covid-19. Kondisi pandemi mendorong pemanfaatan teknologi di bidang ilmu pengetahuan, yaitu pendidikan. Dengan bantuan Allah SWT, teknologi dapat membantu kegiatan belajar dilakukan secara online dan tidak lagi bertatap muka.
Adaptasi merupakan suatu upaya yang dilakukan agar dapat bertahan dan berprogres di era pandemi. Sebab, apabila bertahan dengan system sebelumnya, maka aktivitas sehari-hari belum dapat dilaksanakan secara optimal. Digitalisasi dapat membantu masyarakat untuk tetap bertahan dan berprogres secara optimal dan produktif di era pandemi. Adaptasi dengan digitalisasi merupakan salah satu alternatif baru untuk tetap bertahan dalam mengoptimalkan potensi peserta didik.
Kompetisi Universal 2020 yang diselenggarakan SMP Islam Al-Azhar BSD menyungsung tema “Adapting to The New Era”. Beragam kompetisi tingkat nasional diselenggarakan untuk mengasah kemampuan peserta didik (generasi muda). Kegiatan Universal 2021 dibuka pada tanggal 22 Februari 2021 dengan mengundang Drs. H. Dedi Hidayat (Kepala SMPI Al-Azhar BSD), H. Andika Hazrumy, S.Sos, M.A.P (Wakil Gubernur Banten), Nadiem Makarim, B.A, M.B.A (Menteri Pendidikan & Kebudayaan), &Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Beberapa tamu undangan diwakilkan.
Kompetisi yang diselenggarakan Universal 2021 untuk tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTs. Mulai dari MHQ untuk tingkat SD, Kompetisi Sains Online (KSN) mapel Matematika dan IPA untuk tingkat SD/MI dan tambahan mapel IPS untuk SMP/MTs, Story Telling untuk SD/MI dan SMP/MTs, Solo vocal untuk SMP/MTs, dan E-sport (Mobile Legend) untuk SMP/MTs. Kompetisi dilakukan secara online dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta didik se-Tingkat Nasional! Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, kegiatan kompetisi online ini berlangsung dengan baik.
Kegiatan Universal 2021 ditutup pada tanggal 27 Februari 2021. Pengumuman pemenang di setiap lomba dibacakan oleh MC yaitu Peppy dan Bemby. Sebagai hiburan, penutupan Universal 2021 menampilkan performance para penyanyi hits Indonesia seperti Ardhito Pramono dan Hedi Yunus. Selain itu, ada games kahoot juga yang membuat penonton dan participant menjadi tidak jenuh. Selamat bagi para pemenang! See you next year!