• Berakhlul Kharimah, Disiplin, Berprestasi, Bersaing Global

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019-2020 Telah dibuka Mulai 05 November 2018

PPDB Online

Identitas Untuk Masuk Ke Lingkungan Al-Azhar Bumi Serpong Damai

ParentCard

Menteri Muhajir Undang Kepala SMP Al-Azhar BSD Presentasikan Progam Sekolah

 

Siswa SMP Wajib Baca Koran Pagi

Dikutip dari Koran Tangsel

 

SARAPAN PAGI. Siswa SMP Islam Al- Azhar BSD diwajibkan membaca koran pagi setiap harinya, sebelum memulai aktivitas belajar mengajar. Kegiatan ini bagian dari budaya literasi membaca yang sudah dicanangkan sekolah.

SERPONG – Sejak dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Muhajir mencanangkan program pengembangan karakter siswa yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas.

Muhajir pun mengundang Kepala SMP Islam Al-Azhar BSD, Agus Salim Hakim, M.Pd untuk mempresentasikan progam pengembangan karakter siswa di sekolahnya, beberapa waktu lalu.

 

Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (SK-Mendikbud), SMP Islam Al-Azhar BSD menjadi model sekolah yang sudah melaksanakan program pengembangan karakter siswa yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas ini.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, SMP Islam Al-Azhar BSD memiliki program kegiatan budaya baca sebagai bagian dari kegiatan budaya literasi yang dibangun. Salah satu jenis bacaan yang diwajibkan dibaca adalah surat kabar/koran.

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat pagi. Dengan membaca koran selain menambah wawasan, diharapkan siswa juga mengenal sumber-sumber berita yang dapat dipercaya dan salah satunya koran tersebut.

Kepala SMP Islam Al-azhar BSD Agus Salim Hakim, M.Pd mengajak seluruh siswanya untuk terbiasa melakukan budaya literasi (keberaksaraan) yaitu kemampuan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya.

“Saya selaku Kepala Sekolah, tentunya wajib mengajak anak-anak didik kami untuk selalu membudayakan atau membiasakan membaca, menulis, menganalisa.

Ini sesuai pesan wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad saw, Iqro: Bacalah, yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al-Azhar BSD akan menciptakan karya, salah satunya program Reading dan writing for all berisi kegiatan membaca buku, koran dan menulis risesnsi buku, menulis komentar tajuk dan artikel.” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada anak didiknya, untuk tidak langsung percaya dengan informasi yang belum tentu benar keadannya. Siswa harus lebih teliti dalam membaca dan mampu menyaring informasi yang belum tentu benar.

“Saat ini banyak sekali berita atau informasi yang tersebar lewat media sosial, yang tidak jelas sumbernya serta tidak ada kebenarannya atau hoax,” ujar Agus.
Ia pun berpesan kepada peserta didik untuk tidak mudah percaya terhadap informasi tidak jelas sumbernya.

Siswa sebaiknya melakukan cek dan mengecek lagi informasi yang didapatnya.

“Tolong dicek terlebih dahulu, cari dan baca literasi dari sumber yang benar, sehingga peserta didik kami dapat menangkal berita hoax dan juga peserta didik kami dapat menunjukkan intergritas dalam budaya berkarakternya”, tambahnya.

Salah satu siswa kelas 8.4, Ababil Marsekal mengatakan sangat terbantu untuk menangkal berita hoak tanpa jelas sumbernya. “Dengan membaca berita langsung dari sumbernya, saya bisa menangkal berita hoak yang terjadi. Karena saya langsung mencek ke sumber beritanya,” tuturnya.(lan)

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan